Wednesday 12 February 2014

Kenali Teman Sejati Mu...

Sahabat, ketahuilah bahwa sesungguhnya engkau memiliki tiga teman. 

Pertama, temanmu adalah HARTA. Ia akan engkau tinggalkan ketika mati dan berpindah pada ahli waris sebelum engkau disemayamkan.

Kedua, temanmu adalah KELUARGA. Merekalah yang membawamu ke kuburan lalu meninggalkanmu sendirian disana. Selanjutnya, mereka akan menaburimu dengan tanah. 

Ketiga, temanmu sesungguhnya adalah AMAL PERBUATAN. Ia akan tetap menyertaimu ketika engkau dibawa di atas pundak manusia dan diturunkan ke liang kubur. Amal tersebut akan ditempatkan di timbangan kebaikanmu di hari Kiamat. 

Karena itu, bertemanlah dengan sesuatu yang bisa dibawa masuk bersama ke dalam kubur, yang bisa menghibur kesendirianmu dan menghilangkan kesepianmu. Jika ketika di dunia terdapat orang-orang yang bisa dijadikan sandaran, maka di akhirat pun ada orang-orang yang bisa dijadikan sandaran yang menolongmu. Maka, jangan berkata, “Kami sudah mencari orang-orang akhirat, tapi tidak ditemukan.” Sebab, jika engkau mencarinya dengan tulus, kau akan menemukannya. Kalaupun tidak ditemukan, itu karena engkau kurang persiapan. 

Pengantin wanita saja tak akan mau menampakkan diri di hadapan orang-orang jahat, maka demikian pula sebaliknya, ia akan bersembunyi dari orang tersebut. Jika engkau ingin melihatnya, engkau harus terlebih dahulu meninggalkan perbuatan jahat. Jika sudah dilakukan barulah engkau akan menyaksikan para wali Allah yang berjumlah banyak. Jumlah mereka tak akan berkurang. Jika engkau mencintai seseorang, impian itu tak akan terwujud sampai engkau memang benar-benar layak mendapatkannya. Yakni, dengan membersihkan kesalahan dan kehinaan yang terdapat dalam dirimu sendiri! 

--Dikutip dari kitab Bahjat An-Nufus karya Ibnu Atha’illah

 Allahuakbar   La ilaha Ill'Allah Muhammadur Rasulullah 


No comments:

Post a Comment