Wednesday 12 February 2014

Cacatan Untuk Sahabat...

Jika engkau berteman dengan hamba dunia, engkau akan ditarik kepadanya. Sedangkan jika engkau berteman dengan hamba akhirat, maka engkau akan ditarik kepada Allah

Menurut Abu Dzar r.a., Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik amal perbuatan adalah cinta di jalan Allah dan benci di jalan Allah.”(HR Abu Dawud) 

Sahabat Nabi bernama Anas r.a. menuturkan bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW, “Kapan kiamat tiba?” Beliau pun menjawab, “Apa yang sudah engkau persiapkan untuknya?” “Tidak ada. Kecuali aku mencintai Allah dan rasul-Nya,” jawab orang itu. Mendengar hal itu, Rasul pun bersabda lagi, “Engkau akan bersama orang yang kau cintai.” Anas r.a. mengatakan, “Kami tak pernah sebahagia ketika Rasul SAW bersabda,”Engkau bersama orang yang kau cintai.’ Aku sangat mencintai Nabi SAW, Abu Bakar dan Umar, Aku berharap bisa bersama mereka karena cintaku pada mereka.” (HR Bukhari dan Muslim).

Hadis di atas menunjukkan bahwa mencintai orang-orang yang soleh akan sangat bermanfaat di dunia dan akhirat. Bermanfaat di dunia karena memberi teladan yang baik, nasihat yang tulus, serta membantu dalam melaksanakan amal kebaikan serta berakhlak dengan sifat-sifat terpuji. Adapun ketika di akhirat, kita akan dikumpulkan bersama mereka, digolongkan dalam kelompok mereka, dan mendapat syafaat mereka. Maka, kita harus bisa memilih siapa orang yang layak dijadikan sahabat. Sebagaimana untuk keperluan tubuh, kita memilih makanan yang baik dan tidak berbahaya. 

--Dikutip dari Kitab Bahjat An-Nufus karya Ibnu Atha’illah

 Allahuakbar   La ilaha Ill'Allah Muhammadur Rasulullah 




No comments:

Post a Comment